5 Pola Pikir Negatif Yang Harus Diubah

Percaya atau tidak, apapun yang kita pikirkan, entah baik atau buruk akan mempengaruhi sesuatu yang sedang kita jalani.

Karena itulah, kita selalu dianjurkan untuk berpikir positif daripada negative. Berpikir negative tidak pernah baik untuk kesehatan jiwa dan raga kita.

Bahkan, ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa berpikiran negative dapat memicu penyakit jantung.

Buang Pola Pikir Negatif Ini Untuk Hidup Yang Lebih Bahagia

Bukan hanya bisa menyakiti fisik kalian, pola pikir yang negative juga bisa mempengaruhi kadar kebahagiaaan kita.

Jika kalian lebih sering merasakan emosi negative, maka kesehatan mental akan semakin memburuk dan akan mengikis kebahagiaan kalian sendiri.

Nah, gak mau kan kalau pikiran negative menggangu kebahagiaan kalian? Karena itu, yuk ubah pola pikir berikut agar kalian bisa lebih bahagia dalam menjalani hidup.

1.Menunda Pekerjaan

Masalah yang paling sering dialami oleh seseorang adalah menunda-nunda suatu pekerjaan. Waktu yang seharusnya digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan seringkali malah dihabiskan untuk menonton acara tv atau menjelajah social media selama berjam-jam.

Dengan alibi “saya kerjakan nanti” seolah-olah menjadi alasan untuk menghalalkan kebiasaan tidak baik ini.

Lalu, saat pekerjaan mendekati tenggat waktu, baru lah panik dan buru-buru mengerjakan. Pola pikir menunda pekerjaan sebenarnya tidak baik untuk kesehatan badan dan mental karena akan menyebabkan stress berlebih hingga mempengaruhi kebahagiaan dalam diri.

2.Mudah Pesimis dan Tidak Yakin Pada Potensi Diri

Semua orang tentu saja ingin hidup bahagia dan bebas dari segala masalah. Salah satu syarat untuk mencapainya adalah dengan memiliki rasa percaya diri dan mengenal potensi diri.

Namun sayang masih banyak orang yang mudah putus asa. Sikap ini cenderung memunculkan berbagai pikiran negative.

Hal ini tentu akan berdampak buruk pada kesehatan mental dan membuat kamu tidak bahagia. Jika emosi ini terus menguasai kalian, hidup kalian pasti akan semakin terpuruk dan jauh dari kebahagiaan.

Jadi, kalian harus mampu meyakini diri sendiri bahwa semua usaha yang dilakukan tidak selalu berakhir dengan kegagalan. Yang penting, jangan takut mencoba dan percaya diri dengan kemampuan yang anda miliki.

3.Menyalahkan Diri Sendiri

Melakukan kesalahan memang wajar. Namun, jangan menjadikan hal ini untuk mengikis kebahagiaan dalam diri dengan selalu mengulangi dan menyesalinya.

Kebiasaan mengakimi diri sendiri sebenarnya hanya akan membawa aura negative bagi tubuh. Cobalah untuk mengalahkan rasa menyalahkan diri sendiri dengan memklumi segala kesalahan.

Jadikan hal tersebut sebaga pembelajaran agar menjadi individu yang lebih baik dan ikhlaskan semua yang memang seharusnya terjadi.

4.Menganggap Hidup Orang Lain Jauh Lebih Baik Dari Hidup Kita

Pola pikir seperti ini dapat dengan mudah didapatkan di medua social. Foto yang menunjukkan sebuah kehidupan yang indah dan jauh lebih baik dari kalian, akan membaut kalian merasa tidak puas diri.

Seketika, rasa membanding-bandingkan dengan hidup kita saat ini pun menghampiri, kemudian bermuara dengan rasa tidak puas diri dan menganggap hidup orang lain jauh lebih baik dari kita.

5.Menganggap Beberapa Hal Tidak Menyenangkan Sering Terjadi Pada Diri Kalian

Terkadang hidup memang tidak berjalan sesuai keinginan kita. Seperti kenyataan yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Tanpa diadari, kejadian tersebut membuat kita mengeluh, mengumpat, dan bergumam. Namun, tahukan kalian bahwa pola pikir tersebut harus dibuang jauh-jauh.

Karena, memposisikan diri sendiri sebagai korban dari keadaan yang tidak adil seperti itu hanya akan memperkuat aura negative dalam diri.

Itulah hal-hal yang harus diubah agar kalian bisa lebih bahagia. Ubah energy negative yang masuk dengan humor agar badan dan pikiran kalian lebih sehat.  Semoga bermanfaat.