Karakter dan Inisiatif Seorang Pemimpin

Salah satu faktor yang menentukan sebuah kesuksesan adalah inisiatif. Seorang pemimpin yang berinisiatif tidak akan menunggu sampai sesuatu terjadi.

Ia akan ikut andil dalam membuat sesuatu terjadi. Ia tidak akan tinggal diam melainkan melakukan sesuatu.

Itulah salah satu alasan mengapa beberapa orang memilih untuk mengikuti pemimpin. Salah satu hal penting yang harus pemimpin miliki adalah inisiatif.

Inisiatif merupakan sebuah kualitas dasar kepemimpinan. Pemimpin juga harus siap di berbagai bidang.

Yuk Tanamkan Karakter dan Inisiatif Seorang Pemimpin Dalam Diri Kita

Inisiatif diartikan sebagai semangat yang dibutuhkan untuk memulai sesuatu. Dan satu-satunya hal  yang dapat ia lakukan adalah melatih dirinya untuk berpikir ke depan.

Seorang pemimpin digambarkan sebagai seseorang yang melihat lebih banyak serta melihat lebih jauh daripada orang lain dan juga melihat sesuatu sebelum orang lain melihatnya.

Jika seseorang melatih dirinya untuk berpikir ke  depan, ia akan mendapat dua dampak positif bagi pekerjaannya.

Pertama, ia akan terhindar dari masalah. Ia akan mengindari perangkap dan lubang dalam jalannya. Kedua, dengan berpikir ke depan seseorang dapat menentukan tujuannya maupun tujuan kelompoknya.

Ia kemudian dapat menimbang-nimbang cara terbaik untuk meraih tujuannya itu dan mulai bertindak untuk mencapainya.

Berikut ini adalah sedikit paparan yang menjelaskan bagaimana karakter seorang pemimpin yang baik. Diharapkan, akarakter ini bisa kita terapkan dalam diri kita.

1.Pemimpin Yang Cerdas

Seseorang dianggap pemimpin karena dikenal dengan intelektual dan pengetahuannya. Intelektual dan pengetahuan yang dimilikinya lebih dari orang-orang lain.

Mereka dianggap lebih tahu serta lebih mengerti apa yang harus direncanakan dan juga dilakukan. Hal ini demi kelancaran,  serta target yang akan dicapai bersama.

Melalui setiap ide cemerlangnya, seorang pemimpin dapat mengakomodir berbagai ide dari para anggota kelompok. Ide  tersebut berujung pada suatu gagasan. Gagasan itu lalu dijalankan bersama.

2.Pemimpin Yang Berinisiatif

Para anggota tentu saja bisa melihat inisiatif dari pemimpinnya dalam melakukan bagian kepemimpinannya.

Inisiatif inilah yang kemudian menjadi suatu teladan dan inspirasi bagi para pengikutnya untuk melakukan apa yang di kehendaki oleh pemimpin mereka.

Dengan sifat berinisiatif yang ada dalam diri pemimpin, kekuatan diri dari setiap anggota untuk menjalankan misi kelompok juga akan terjamin dengan baik.

3.Pemimpin Yang Bertanggung Jawab

Tidak ada orang yang mau mengikuti pemimpin yang lari dari tanggung jawab atau malah menyalahkan para anggotanya.

Bahkan, sampai berlindung di balik otoritasnya sebagai pemimpin. Ia  pasti akan bertanggung jawab. Tanggung jawab tersebut akan mendapatkan penilaian lebih dari orang lain terutama anggota kelompok.

Mereka akan semakin loyal dan respek terhadap pemimpin yang bertanggung jawab. Bahkan, seorang junjungan rela menanggung kesalahan yang dilakukan oleh anggotanya.

4.Pemimpin yang Transparan dan Terbuka

Seorang pemimpin dapat digambarkan seperti akuarium. Akuarium dapat dinilai dan dilihat. Penilaian tersebut berdasarkan para anggota kelompok pengikut.

Setiap tindakan yang dilakukan oleh pemimpin dapat menjadi suatu teladan yang bisa diikuti. Pemimpin konsisten terhadap sikapnya.

Sebuah sikap yang tidak memiliki topeng untuk bertindak, bertutur kata dan berperilaku. Sikap ini membuat para anggota kelompok memiliki keyakinan penih akan kepemimpinannya.

Sikap transparan dan apa adanya menjadi suatu penilaian yang baik. Suatu nilai berkualitas baik dan bukan hanya sekedar pencitraan.

5.Pemimpin Yang Menjadi Komunikator Yang Sabar

Tak mudah dalam memimpin sebagian orang dengan berbagai karakter dan kemampuan yang berbeda-beda dari setiap anggota kelompok. Pemimpin adalah komunikator.

Komunikan merupakan para anggota kelompok. Selain menjadi komunikator yang baik dalam mengkomunikasikan setiap  idenya, pemimpin juga menjadi mediator yang elok dimana ia bisa menampung setiap ide dari anggotanya.

Terutama, ketika anggota kelompok mengalami kebuntuan dalam pengambilan keputusan. Kesabaran serang pemimpin dapat meredam ketegangan dan emosi apabila timbul gesekan di antara anggotanya.

Itulah bagaimana karakter serta inisiatif dari seorang pemimpin. Semoga apa yang dijelaskan diatas dapat kalian tanamkan ke diri kalian sendiri.

Tulisan ini dipublikasikan di Pola Pikir. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *