Pola Pikir Joker Yang Bisa Kita Jadikan Pelajaran

Tahun kemarin, dunia di gemparkan dengan keluarnya film Joker terbaru. Musuh abadi dari Batman ini bisa memiliki film nya sendiri.

Euphoria masyarakat menyambut film ini sendiri tentunya sangat luar biasa. Jika berbicara seorang Joker pastinya karakter gila, psikopat hingga kejam sudah tertanam di dalam benak setiap orang.

7 Pola Pikir Baik Dari Joker

Namun sadarkah kalian bahwa dari betapa jahatnya seorang Joker ternyata ada pesan positif dibaliknya. Berikut merupakan pesan positif dari film Joker.

1.Cara berpikir serta perencanaan

Walaupun Joker identik dengan kekejaman, psikopat, dan kriminal, ternyata dari hal tersebut bisa kita pisahkan antara kejahatan dan pesan moral yang dapat diambil dari karakter Joker.

Salah satunya adalah cara berpikir seorang Joker yang cerdas dan penuh perencaanya yang tidak terduga.

Joker sebagai musuh Batman yang popular, pola pikir Joker yang cerdas dan terencana tentu bisa diterapkan dalam kehidupan.

Terutama jika kita menghadapi suatu masalah, berpikir cerdas dan terencana adalah salah satu jawaban mengatasi masalah.

2. manusia adalah tempatnya salah

Joker diceritakan dalam sejarahnya adalah manusia biasa. Ketika seorang Joker dengan santainya tertawa melihat penderitaan orang lain.

Pesan sebenarnya dari hal tersebut adalah manusia bukanlah makhluk yang sempurna. Ketamakan dan kekejaman bisa muncul kapanpun dalam diri seorang manusia biasa. Dan karakter Joker menjadi perumpamaan dari hal itu.

3. Saat ini peraturan dibuat untuk dilanggar

Joker menjadi symbol pembangkang dalam hal aturan. Kalimat ini menunjukan bahwa Joker berpandangan bahwa aturan adalah penghalang untuk dunia yang lebih baik.

Paradigma ini sengaja dibuat untuk menyindir setiap manusia yang ada di dunia ini bahwa peraturan yang saat ini nyatanya akan dengan mudah dihancurkan cukup dengan kedok dunia yang lebih baik di masa depan.

4. Betapa kejamnya kondisi masyarakat saat ini, yang lemah akan dihancurkan oleh yang kuat.

Manusia yang lebih cerdas dari makhluk yang ada di bumi ternyata tidak seperti itu. Seperti yang disampaikan Joker dalam kalimat diatas.

Ia menyebut bahwa manusia adalah makhluk serakah yang sangat egois. Hanya demi mendapatkan sebuah keripik, manusia tidak segan untuk memangsa manusia lainnya. Perumpamaan itu sangat menyindir kondisi masyarakat saat ini.

5. Kecerdasan yang sering disalahgunakan

Cerdasnya Joker justru digambarkan sebagai cerdasnya seorang kriminal yang tidak pernah habis akal. Dunia hitam dan kelam Joker memberikan pelajaran bahwa menjadi cerdas saja tidak cukup.

Perlu adanya sikap dan hal-hal lainnya yang menunjang kecerdasan. Jika hanya kecerdasan tetapi tidak ada sikap yang baik, kecerdasan tersebut akan berujung buruk.

6. hidup jangan selalu dibawa serius

Hidup jangan selalu dibawa serius. Begitulah kata-kata legendaris dari seorang karakter Joker. Tarik napas dan cobalah bercanda dengan teman atau keluargamu. Ingat terlalu serius tidak baik guys, cobalah tertawa bersama dan bercanda.

7. Pencari keadilan sejati

Jika kalian sudah menonton film Joker, tentu kalian pernah melihat cuplikan film seorang Joker yang membakar gunungan uang dengan ringannya.

Berbeda dengan penjahat-penjahat lainnya, karakter Joker dibuat untuk menyampaikan sebuah pesan dengan satir.

Joker tidak peduli dengan harta dan uang, yang ia inginkan adalah pesan yang ingin ia sampaikan mengenai semua ketidakadilan yang ia rasakan terhadap pemerintah dan manusia-manusia munafik di luar sana.

Pada intinya adalah karakter Joker mengingatkan bahwa ketika manusia biasa yang terus menerus menyimpan dongkol yang besar mengenai ketidakadilan yang dirasakan. Maka berhati-hatilah jika rasa dongkol tersebut sudah tidak dapat dibendung.

Walaupun Joker sudah menjadi simbol kejahatan yang absolut, kita sebagai masyarakat yang cerdas harus jelih melihat pesan-pesan yang disampaikan secara tidak langsung dari penggambaran karakter seorang Joker.