Pola Pikir Orang Barat Yang Bisa Kita Tiru

Pada kenyataannya, memang dunia barat jauh lebih maju dibanding kita di bagian Timur, khususnya Indonesia. Dari segi infrastruktur dan sumber daya manusianya, mereka memang jauh lebih unggul.

Apalagi jika  soal kualitas hidup masyarakatnya. Sampai sekarang mereka lebih maju dari kita yang menandakan bahwa sumber daya manusia (SDM) yang mereka miliki memang mumpuni dan memiliki jiwa profesionalisme kerja dengan kualitas kerja di atas rata-rata.

Berikut ini merupakan beberapa pola pikir orang barat yang sepatutnya bisa kalian tiru.

Pola Pikir Orang Barat Yang Jauh Berbeda Dengan Timur

Pernah gak sih kalian bingung saat melihat tingkah wisatawan asing yang datang ke Indonesia apalagi para bule yang suka jalan sendirian.

Masalah ini mungkin mengherankan bagi kita, namun tidak dengan mereka. Justru itu merupakan hal yang biasa pada diri mereka. Masalahnya hanya terletak pada perbedaan pola pikir antara kita dengan orang Barat tersebut.

1.Tepat Waktu

Kebiasaan ini sudah menjadi rahasia umum. Dengan kemajuan yang ada di negara mereka, tak heran jika setiap masyarakatnya dituntut untuk memiliki manajemen waktu yang baik.

Dengan menandakan waktu adalah hal yang berharga, mereka pun memiliki semboyan “Time is Money”

2.Kebiasaan Tidak Buang Sampah Sembarangan

Kita bisa melihat dari wisatawan asing yang datang ke Indonesia. Kebiasaan atau peraturan di negara mereka tentang larangan membuang sampah sembarangan sudah menjadi sebuah kebiasaan.

Sehingga, saat mengunjungi negara kita ini, mereka bisa tetap membawa kebiasaan tersebut.

3.Mampu Bersikap Mandiri

Orang Barat punya sikap mandiri yang tidak main-main. Banyak dari mereka yang masih sekolah atau kuliah namun bisa mengambil kerja paruh waktu atau part time.

Ketika usianya 20an mereka juga sudah mandiri dan bekerja hanya untuk biaya sekolah atau kuliah dan tempat tinggal.

Banyak dari mereka di usia ke 20 tahunan sudah memilih untuk hidup sendiri dan tak lagi bergantung pada orang tua mereka.

4.Kebiasaan Antre

Orang Barat sangat teratur jika dibandingkan dengan kita. Taat pada aturan masih sulit untuk kita lakukan. Apalagi soal antre. Sudah diberikan peringatan besar-besar saja masih tidak bisa membaca.

5.Terus Terang

Pola pikir satu ini juga cukup menarik. Mereka orang Barat memang tidak suka bertele-tele. Mereka lebih memilih untuk berterus terang atas apa yang mereka pikirkan dan rasakan.

6.Membaca

Salah satu yang membuat orangt Barat punya wawasan serta pemikiran luas dan terbuka adalah karena mereka memiliki kebiasaan membaca.

Ini juga menandakan bahwa mereka adalah orang-orang yang selalu mau belajar. Saat di kereta atu di tempat manapun mereka akan menggunakan waktu luang yang dimiliki untuk diisi dengan membaca.

Hal ini juga yang membuat mereka memiliki pemikiran-pemikiran yang kritis dan pintar.

7.Disiplin

Berusaha tepat waktu dan mengambil kerja paruh waktu merupakan salah satu cara mereka melatih diri.

Kehidupan mereka menuntut untuk disiplin dalam banyak hal, apalagi dalam pekerjaan dan pendidikan.

Mereka juga memiliki sikap yang serius dan terlihat tegas. Tak heran kalau banyak ilmuan hebat yang berasal dari negara mereka terkenal.

Karena disiplin lah kuncinya. Apalagi banyak dari mereka yang masih muda datang ke Indonesia untuk penelitian sampai berbulan-bulan hanya seorang diri.

8.Pantang Menyerah

Orang Barat sangat suka menantang diri mereka. Jadi, jangan heran jika banyak dari mereka yang punya hobi travelling apalagi pergi seorang diri saat masih muda.

Mereka juga terlatih untuk hidup di bawah tekanan. Persaingan du dunia kerja dan pendidikan membuat mereka terbiasa dengan kondisi dan situasi yang sulit.

Itulah beberapa sikap dan pola pikir orang barat yang sepatutnya kita tiru.

Tulisan ini dipublikasikan di Pola Pikir. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *