Pola Pikir Orang Bermental Kuat, Kamu Sudah Punya?

Mental dapat mempengaruhi pola pikir seseorang. Begitupun sebaliknya, pola pikir yang kita miliki dapat menunjukkan mental kita sekuat apa.

Seorang yang telah dewasa membutuhkan mental yang kuat untuk menjalani kehidupan. Mulai dari kuliah hingga lingkungan kerja. Jika kalian punya mental lembek, bisa-bisa kalian bakal jadi orang yang biasa saja.

Pola Pikir Mental Baja

Mungkin kalian bingung, apakah kalian punya mental yang kuat atau tidak. Karena memang hal ini tak bisa kita lihat di diri kita sendiri.

Supaya gak bingung, di bawah ini kami berikan ciri-ciri pola pikir orang yang bermental kuat. Kalau kamu sudah punya pikiran seperti ini, artinya mental mu kuat. Apa saja?

1.Bisa Menjaga Emosi dan Logika

Jika kamu bisa menyeimbangkan antara emosi dan logikamu, artinya kamu bermental kuat. Menurut psikolog, keduanya sama penting dan orang bermental kuat tahu kapan harus menyeimbangkan keduanya untuk membuat keputusan.

2.Menghabiskan Waktu Dengan Produktif

Banyak orang yang membuat seribu alasan supaya ttidak mengerjakan tugas dengan baik. Mereka yang bermental lemah biasanya menyalahkan keadaan.

Berbeda dengan yang bermental kuat. Mereka focus untuk mengerjakan hal-hal penting dan gak membuang buang waktu. Intinya, teurs produktif dalam kegiatan sehari-hari.

3.Bisa Beradaptasi Dengan Perubahan

Hidup terus berubah dan kadang perubahan itu tidak mudah. Sebagian besar orang memilih untuk tidak mau berubah dan tetap berada di zona nyaman. Namun, mereka yang bermental kuat focus untuk menghadapi perubahan yang besar dan sangat cepat.

4.Belajar Dari Kesalahan

Banyak orang sukses bilang, lakukanlah banyak kesalahan saat muda. Ini karena kita bisa lebih cepat bangkit dari kesalahan itu. Mereka yang bermental kuat akan benar-benar belajar dari kesalahannya.

5.Tahu Bahwa Merayakan Kesuksesan Orang Lain Itu Penting

Memiliki mental kuat berarti kamu tahu bagaimana bekerja sama. Kesuksesan orang lain gak pernah membuatmu iri.

Kamu malah happy jika ada banyak orang sukses di sekelilingmu. Artinya, kamu bisa belajar banyak hal dari mereka. Kamu selalu merasa terinspirasi, bukan terintimidasi.

6.Hidup dan Membuat Keputusan Berdasarkan Prinsip

Mereka yang bermental kuat akan selalu memperhatikan prinsip yang dianutnya dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, orang yang tak suka korupsi waktu tak akan pernah datang terlambat. Orang yang menghargai persahabatan tidak akan mengkhianati sahabatnya dan orang yang menyayangi orang tua tidak akan menyia nyiakan uang kuliah yang diberikan.

Hal hal kecil seperti ini akan memperlihatkan betapa kamu mengormati prinsip kamu sendiri.

7.Bertanggung Jawab Atas Tindakan

Gak semua orang berani memperlihatkan tangan sesudah melempat batu. Namun, mereka yang bermental kuat tidak akan seperti itu.

Mereka tidak takut bertanggung jawab atas kesalahan mereka. Dan tentu saja, mereka terus belajar dari kesalahan itu.

8.Tahu Bagaimana Melihat Kesempatan dalam Kesulitan

Sebenarnya, setiap masalah memiliki celah untuk kita belajar sesuatu. Orang yang mentalnya lemah, hanya melihat masalah sebagai suatu penghalang dan memikirkan masalah itu berhari-hari.

Namun mereka yang bermental kuat akan berusaha mencari solusi serta melihat kesempatan yang ada. Lewat masalah ini juga mereka akan menganalisa kemampuan yang harus mereka pertajam supaya kelak mereka bisa lebih santai menghadapi kesulitan tersebut.

9.Bersyukur

Mereka yang bermental kuat selalu tahu bahwa mereka telah mendapatkan lebih dari yang mereka butuhkan.

Mereka terus ingin berkembang namun tidak serakah. Mereka tahu bahwa dengan bersyukur, hidup akan memberikan kesempatan yang lebih besar.

Itulah 9 ciri orang dengan mental yang kuat. Semoga bermanfaat.  

Tulisan ini dipublikasikan di Pola Pikir. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *